ESSAY

Writer / NIM
MONALISA USMAN / 441418010
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. OPIR RUMAPE, Drs., M.Si. / 0003095804
Advisor 2 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi Hukum Dasar Kimia. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan (Quasi Eksperimental Design) pretest-posttest control design yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tilango pada Mei 2022. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Tilango, sedangkan sampel yang dimbil adalah siswa kelas X Semester Genap tahun 2022. menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar siswa sebelum pembelajaran (pre-test) dan setelah pembelajaran (post-test). Hasil uji validitas tes menunjukkan bahwa 15 soal valid hasil reliabelitas tes adalah hasil reliabel sebesar 0,837 tergolong dalam kategori tinggi. Hasil analisis data menggunakan statistik uji ����t���� diperoleh nilai thitung = 2,154 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan ���± = 0,05 (dk= 48) adalah 1,67, maka nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel, sehingga Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hukum Dasar Kimia.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011