ESSAY

Writer / NIM
CINDY / 441418018
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Advisor 2 / NIDN
NITA SULEMAN, S.T, M.T / 0021047306
Abstract
Cindy. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Mind Map Pada Materi Hidrolisis Garam Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kabila. Program Studi Kimia. Pembimbing 1: Drs. Mangara Sihaloho M.Pd. Pembimbing 2: Nita Suleman S.T., M.T. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai mind map terhadap hasil belajar kimia siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango Tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian quasieksperiment dengan desain control group pretest posttest. Sampel diambil dengan cara non-probability sampling jenis Purposive sampling yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 35 orang dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 25 soal. Analisis statistik data dilakukan dengan menggunakan uji-t pada taraf kesalahan 5%. Analisis statistik hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa thitung> ttabel����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¬����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¬ atau 2,16 > 1,99 sehingga Ho ditolak danHa diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai mind map pada materi hidrolisis garam terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kabila. Kata Kunci: inkuiri terbimbing, mind map, hidrolisis garam, hasil belajar.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011