Writer / NIM
NURFADLUN KONIO / 441418023
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. LUKMAN ABDUL RAUF LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Advisor 2 / NIDN
Prof. Dr NETTY INO ISCHAK, Dra., M.Kes / 0023026803
Abstract
Pembelajaran IPA adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh setiap siswa bukan sesuatu yang dilakukan terhadadap setiap siswa. Pembelajara IPA didasarkan pada stadar isi sehingga membentuk siswa yang mempunyai bekal ilmu pengetahuan, standar proses yang membentuk siswa harus memiliki keterampilan ilmiah, keterampilan berpikir dan strategi berpikir, standar inkuiri ilmiah akan membentuk siswa yang mampu berpikir kritis dan kreatif. Dunia pendidikan terus melakukan pengembangan kecakapan pada abad 21, salah satunya yaitu literasi sains bagi peserta didik. Kondisi tersebut diakibatkan oleh berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang mengalami perkembangan sangat pesat. Perkembangan yang harus mampu beradaptasi dengan lingkungan, sains, dan teknologi.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kualitas dari instrument dan bagaimana kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, responden pada penelitian ini adalah siswa SMP sebanyak 279 orang. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah instrument test pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa literasi sains siswa terhambat dikarenakan siswa cenderung mengalami miskonsepsi
Download files