Writer / NIM
						WINDI MAKATEMU / 441418042
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN KIMIA
						Advisor 1 / NIDN
						Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
						Advisor 2 / NIDN
						JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
						Abstract
						WINDI MAKATEMU. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based 
Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI Pada Materi 
Hidrokarbon Di SMA Negeri 1 Limboto. Program Studi Pendidikan Kimia. 
Pembimbing 1 : Drs. Mardjan Paputungan, M.Si. Pembimbing 2 : Julhim S. 
Tangio, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based 
learning terhadap pemahaman konsep siswa pada materi Hidrokarbon. Penelitian 
menggunakan metode kuantitatif dengan Quasi Eksperimental Design pretest¾posttest control design yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Limboto pada 
Agustus 2022. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Limboto, 
sedangkan sampel yang di ambil adalah siswa kelas XI Semester Ganjil tahun 
2022. Menggunakan instrumen berupa tes two tier diagnostic multiple choice
pemahaman konsep siswa sebelum pembelajaran (pre-test) dan setelah 
pembelajaran (post-test). Hasil uji validitas tes menunjukkan bahwa 10 soal valid, 
hasil reliabelitas tes sebesar 0,712 tergolong dalam kategori tinggi. Hasil analisis 
data menggunakan Analisis independent-samples t-test diperoleh nilai thit = 3,668 
sedangkan nilai ttab pada taraf signifikan ± = 0,05 adalah 2,001, maka nilai thit
lebih besar dari nilai ttab, sehingga Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian 
tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Problem Based 
Learning terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMA Negeri Limboto Pada Materi 
Hidrokarbon di SMA Negeri 1 Limboto.
Kata kunci: Pembelajaran Problem Based Learning; Pemahaman Konsep; 
Hidrokarbon
						Download files