ESSAY

Writer / NIM
WINDI MAKATEMU / 441418042
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Advisor 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstract
WINDI MAKATEMU. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI Pada Materi Hidrokarbon Di SMA Negeri 1 Limboto. Program Studi Pendidikan Kimia. Pembimbing 1 : Drs. Mardjan Paputungan, M.Si. Pembimbing 2 : Julhim S. Tangio, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap pemahaman konsep siswa pada materi Hidrokarbon. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan Quasi Eksperimental Design pretest¾posttest control design yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Limboto pada Agustus 2022. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Limboto, sedangkan sampel yang di ambil adalah siswa kelas XI Semester Ganjil tahun 2022. Menggunakan instrumen berupa tes two tier diagnostic multiple choice pemahaman konsep siswa sebelum pembelajaran (pre-test) dan setelah pembelajaran (post-test). Hasil uji validitas tes menunjukkan bahwa 10 soal valid, hasil reliabelitas tes sebesar 0,712 tergolong dalam kategori tinggi. Hasil analisis data menggunakan Analisis independent-samples t-test diperoleh nilai thit = 3,668 sedangkan nilai ttab pada taraf signifikan ± = 0,05 adalah 2,001, maka nilai thit lebih besar dari nilai ttab, sehingga Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMA Negeri Limboto Pada Materi Hidrokarbon di SMA Negeri 1 Limboto. Kata kunci: Pembelajaran Problem Based Learning; Pemahaman Konsep; Hidrokarbon
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011