ESSAY

Writer / NIM
NURSISKA A. GESA / 441418043
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. LUKMAN ABDUL RAUF LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Advisor 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal-soal materi larutan penyangga. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif dengan jenis penelitain berbentuk survey. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA yang dipilih dengan teknik purposive sampling yaitu dengan pertimbangan tertentu. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menilai kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan soal tes yang sudah di validasi. Indikator yang digunakan untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran kimia khususnya materi larutan penyangga antara lain memberikan penjelasan sederhana, memberikan penjelasan lanjut, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan dan mengatur strategi dan taktik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal-soal materi larutan penyangga berdasarkan indikator berpikir kritis yaitu memberikan penjelasan sederhana 51%, memberikan penjelasan lanjut 44%, membangun keterampilan dasar 42%, menyimpulkan 48% dan mengatur strategi dan taktik 41% dengan rata-rata persentasi keseluruhan yaitu 45% yang termasuk dalam kategori sedang.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011