ESSAY

Writer / NIM
ABD. RAHMAN SULEMAN / 451407001
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Advisor 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstract
ABSTRAK Abd Rahman Suleman. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Integrasi Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dengan Metode Picture And Picture Pada Mata Pelajaran Geografi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan ITK, Fakultas Matematika Dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Nawir Sune, M.Si dan Pembimbing II Daud Yusuf, S.Kom, M.Si. Penelitian ini menjawab permasalahan tentang apakah hasil belajar siswa kelas XI MA Hubulo Kecamatan Tapa pada topik Lingkungan Hidup akan meningkat jika diterapkan Integrasi model pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dengan Metode Picture And Picture Pada Mata Pelajaran Geografi. Penelitian ini adalah penelitian bersiklus, dan dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Objek penelitian sejumlah 17 orang siswa yang terdiri dari 4 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan tes hasil belajar.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang dicapai siswa pada siklus I adalah 71% siswa yang tuntas, 29% siswa yang tidak tuntas dan meningkat menjadi 88% siswa yang tuntaspada siklus II, dan siswa tidak tuntas hanya 12%. Berdasarkan hasil yang dicapai, dapat disimpulkan bahwa Melalui Integrasi model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan metode picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS MA Hubulo Kecamatan Tapa. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Integrasi Model Pembelajaran Kooperatif
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011