ESSAY

Writer / NIM
ABDUL RAHMAN S. TATU / 451407002
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Advisor 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstract
ABSTRAK Abd.Rahman S Tatu (2014). "Pengaruh Penerapan Metode Active Learning Tipe Poster Coment Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas X MA Hubulo Bone Bolango". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui metode active learning tipe poster coment dengan yang dibelajarkan melalui metode picture and picture. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Postest-only control desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA hubulo bone bolango yang terdiri dari 4 kelas. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel sebesar 49 orang. Pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan instrument berupa tes essay. Kriteria pengujian normalitas data ini adalah terima hipotesis jika H0 hitung â (1-) (K- 1), dengan (1-) (K- 1) diperoleh dari daftar distribusi nilai persentil untuk dk = (k-1) dan taraf keberartian, = 0,05. Hal ini dapat dilihat melalui hasil pengujian hipotesis thitung= 8.84 >tdaftar = 2,021 karena thitung lebih besar dari tdaftar, maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima pada taraf kepercayaan = 0,05. Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode active learning tipe poster coment lebih tinggi di bandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode picture and picture , maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode active learning tipe poster coment dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode picture and picture pada materi Tata Surya di MA Hubulo. Kata Kunci: Tata Surya, Metode Active Learning Type Poster Coment.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011