ESSAY

Writer / NIM
ARHAM PESAK / 451407007
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Advisor 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstract
ABSTRAK ARHAM PESAK. NIM. 451 407 007. Judul penelitian Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas X MAN Model Gorontalo). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaaan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui teknik tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik parametrik uji kesamaan dua rata-rata, dengan pendekatan yang digunakan adalah pengujian validitas, realibilitas dan uji t. Berdasarkan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa terdapat perbedaaan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung.” Hal ini dapat dibuktikan dengan uji beda dua rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran langsung, dimana thitung berada di luar daerah penerimaan ho, sehingga ho ditolak dan h1 diterima. Kata kunci: Hasil Belajar Siswa dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011