ESSAY

Writer / NIM
JASMANI H. LASENA / 451407027
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Advisor 2 / NIDN
NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Abstract
ABSTRAK Jasmani H. Lasena. 2012. Pengharuh Penerapan Teknik Mind Mapping Terhadap Hasil Belajarb Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Pedosfer. Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Geografi, Jurusann Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II Nurfaika, M.Si, M.Sc Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen si SMA Prasetya Gorontalo. Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan teknik mind mapping yang melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan cara mengkaji apakah terdapat pembelajaran berarti antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan teknik mind mapping dan hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan concept mapping. Seluruh siswa kelas X SMA Prasetya Gorontalo menjadi populasi pada penelitian ini dan diambil 2 kelas sebagai sampel, yang penarikan sampelnya menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pada kedua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan tes sebanyak dua kali, yaitu tes awal dan tes akhir. Secara statistik data rata-rata skor kemajuan belajar peserta didik pa kels eksperimen dan kelas kontrol diuji perbedaannya dengan menggunakan teknik statistik parametrik. Berdasarkan kriteria penggujian yang digunakan diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang berarti pada hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan kritria pengujian hipotesis maka diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 39,98 > 4,08 yang berarti menerima hipotesis alternativ (H1 diterima). Dengan demikian terdapat perbedaan yang berarti pada hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Secara keseluruhan kemajuan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 24,09 dan pada kelas kontrol sebesar 20,68. Hal ini menunjukan terdapat perbedaan yang berarti hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan teknik mind mapping dengan hasil belajar siswa yang menggunakan concept mapping. Kata kunci : Teknik Mind Mapping, Concept Mapping dan Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011