ESSAY

Writer / NIM
WINDRI TABO / 451407084
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Advisor 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstract
ABSTRAK Windri Tabo. 2015 Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Simulasi Banjir dan Penyebabnya Menggunakan Aplikasi Swishmax yang Diintegrasikan dengan Camtasia Studio. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing Utama Bapak Dr. Nawir Sune, M.Si dan Bapak Ahmad Zainuri, S.Pd.,MT sebagai Pembimbing II. Penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan Media yang dilaksanakan di Fakultas Matematika dan IPA dan diujicobakan secara terbatas pada masyarakat Kelurahan Siendeng Kota Gorontalo. Swishmax adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat animasi yang berkaitan dengan banjir yang diintegrasikan dengan Camtasia Studio. Model ADDIE digunakan sebagai pendekatan dalam menyusun media tersebut. Animasi yang dihasilkan adalah animasi banjir yang diakibatkan oleh perbuatan manusia seperti penebangan pohon secara liar, membuang sampah di sungai dan banjir akibat pasang surut air laut (ROB). Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai validasi media yang diberikan oleh validator I dengan kategori sangat baik adalah 95 %, kategori baik 5 %. Validator II memberikan penilaian kategori sangat baik 37, 50 % dan kategori baik 62, 50 %. Kategori cukup 27, 50 %, kategori baik 67, 50 % dan 2, 50 % kategori sangat baik diberikan oleh Validator III. Rata-rata respon masyarakat terhadap media animasi Banjir dan Penyebabnya adalah 92,7 %. Kata kunci : Swishmax, animasi banjir, Siendeng, Kota Gorontalo, Camtasia Studio
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011