ESSAY

Writer / NIM
YUSRIN / 451407096
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Advisor 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstract
ABSTRAK Yusrin Kantu. NIM. 451 407 096. Judul penelitian Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Hidrosfer Kelas X Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Tipe Active Knowledge Sharing. dibawah bimbingan Ibu Dr. Sunarti Eraku S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Daud Yusuf, S.Kom, M.Si selaku Pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran Tipe Active Knowledge Sharing. siswa yang menjadi subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas X SMA Tridharma Kota Gorontalo yang berjumlah 14 orang. data diperoleh denagan menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktifitas guru, lembar pengamatan aktifitas siswa. Berdasarkan penelitian bahwa metode pembelajaran tipe Knowledge Sharing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas X SMA Tridharma Kota Gorontalo pada mata pelajaran geografi materi Hidrosfer. Dengan hasil belajar siswa pada siklus I dari 14 siswa hanya 8 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan atau sebesar 58 %, dan selanjutnya diperbaiki pada siklus II dari 14 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan sebanyak 12 siswa yang tuntas atau sebesar 86 %. Dengan demikian berdasarkan indikator keberhasilan yang ditentukan telah tercapai dan tidak perlu dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Kata kunci: Hidrosfer, metode Active Knowledge Sharing
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011