ESSAY

Writer / NIM
ABDUL KAWII B. ABDUL BARY / 451408001
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Advisor 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode ceramah plus demonstrasi latihan (CPDL) yang diintegrasikan dengan media animasi flash terhadap hasil belajar siswa pada materi siklus hidrologi. Dari hasil analisis diperoleh untuk nilai c2hitung < c2tabel pada kelas eksperimen sebesar 4,24 ? 11,1 dan untuk kelas kontrol sebesar 6,99 ? 9,49. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa rata-rata skor hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol terdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 6,65 ? 2,02. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antar kelas yang menggunakan metode ceramah plus demonstrasi latihan (CPDL) yang diintegrasikan dengan media animasi flash dan kelas yang menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab. Kata kunci: Metode CPDL, media animasi flash, hasil belajar, dan siklus hidrologi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011