ESSAY

Writer / NIM
HABRIYANSAH PAKAYA / 451408035
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Advisor 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstract
ABSTRAK Habriansyah Pakaya, 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Melalui Lesson Study. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Berdasarkan tujuan masalah adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 4 Kota Gorontalo semester dua yang berjumlah sebanyak 212 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling yang melibatkan kelas eksperimen (X5 )dan kelas kontrol (X7 ). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan posttest only control design. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan instrumen tes. Data hasil penelitian diuji normalitasnya dengan menggunakan analisis statistik chi-kuadrat dan diperoleh nilai ? 2 hitung < ? 2tabel yaitu untuk kelas eksperimen 9,208 < 11,070 dan untuk kelas kontrol 8,243 < 11,070. Data hasil penelitian ini menunjukan bahwa untuk kedua kelas data tersebut terdistribusi normal. Berdasarkan hasil pengujian normalitas data, maka rata-rata skor hasil belajar siswa menggunakan statistik uji t. Dari hasil pengujian hipotesis didapatkan t hitung ? ttabel yaitu 2,35 ? 1,98845. Sehingga dari hasil ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Kata Kunci ; Two Stay Two Stray dan Hasil belajar siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011