ESSAY

Writer / NIM
HERSON / 451408044
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Advisor 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstract
Herson. Pengaruh Penggunaan Metode Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Geografi (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Muhamadiyah Batudaa). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan yang menggunakan pembelajaran langsung pada pembelajaran Geografi Kelas XI SMA Muhammadiyah Batudaa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan rancangan Pretes-Posttes Kontrol Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Batudaa T.P 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampeling. Data hasil belajar siswa yang dikumpulkan dengan menggunakan instrument tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Hasil pengujian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan yang menggunakan model pembelajaran langsung pada pembelajaran Geografi kelas XI SMA Muhammadiyah Batudaa, Dengan rata-rata kemajuan kemajuan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 35,3 > 25,8. Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, hasil belajar siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011