ESSAY

Writer / NIM
IRAWATI / 451408056
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Advisor 2 / NIDN
NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Abstract
ABSTRAK Irawati S. Lateka. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode The Learning Cell Pada Topik Lingkungan Hidup”. Permasalahan utama penelitian ini rendahnya hasil belajar siswa pada topik lingkungan hidup. Metode The Learning Cell dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada topik lingkungan hidup. Hipotesis tindakan adalah jika digunakan Metode The Learning Cell pada pembelajaran lingkungan hidup, maka hasil belajar siswa meningkat. Siswa yang dikenai tindakan 32 orang siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Gorontalo tahun ajaran 2011/2012. Dalam pengumpulan data digunakan lembar pengamatan kegiatan guru, kegiatan keterlaksanaan pembelajaran, kegiatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Indikator keberhasilan untuk hasil belajar apabila secara klasikal 75% jumlah siswa mendapat skor minimal 75. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa dari 32 orang siswa yang dikenai tindakan ini ada 20 orang siswa atau 63% memperoleh nilai skor minimal 75, sedangkan 12 orang siswa atau 37% memperoleh nilai kurang dari 75. Ini menunjukkan bahwa presentase keberhasilan pada siklus I belum mencapai indikator ketuntasan yang ditetapkan. Untuk itu perlu dilanjutkan ke siklus 2. Berbagai kekurangan pada siklus I selanjutnya diperbaiki dan disempurnakan pada pelaksanaan siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa yang diperoleh dari 32 orang siswa ada 28 orang siswa atau 88% memperoleh nilai skor minimal 75. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode the learning cell pada topik lingkungan hidup dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 4 Gorontalo pada Tahun pelajaran 2012/2013. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Learning Cell .
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011