ESSAY

Writer / NIM
ISRAWATI / 451408059
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Advisor 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstract
ABSTRAK Israwati. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Topik Hidrosfer. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo.Di bawah bimbingan Bapak Dr.rer.nat. Mohamad Jahja dengan Bapak Citron S. Payu. Penelitian ini mengkaji tentang model pembelajaran ARIAS. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran ARIAS dengan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan pengajaran langsung. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Posttest Only Control Design. Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh Model Pembelajaran ARIAS dapat terlihat dengan adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran ARIAS dengan kelas kontrol yang menggunakan model pengajaran langsung, yaitu kelas eksperimen memiliki hasil belajar 6,78% lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian, adanya perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : Model Pembelajaran ARIAS, Pengajaran langsung, Hasil belajar siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011