ESSAY

Writer / NIM
NUR HIJRIANI / 451408088
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Advisor 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstract
ABSTRAK Nur Hijriani, 2016. Menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi materi Hirologi. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA TRIDHARMA GORONTALO pada siswa kelas X, terlihat bahwa siswa kurang memperhatikan materi pembelajaran sehingga mengakibatkan hasil belajar rendah. Pembelajaran lebih berpusat pada guru sehingga mengakibatkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa SMA Tridharma Gorontalo Kelas X pada mata pelajaran geografi materi Hidrologi melalui model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament. Siswa dikenai tindakan 14 orang siswa kelas X SMA Tridharma Gorontalo tahun ajaran 2014/2015. Dalam pengumpulan data digunakan lembar pengamatan hasil belajar siswa, dan indikator keberhasilan yang ditetapkan minimal 75% dan secara klasikal 80%. Presentase keberhasilan pada siklus I belum mencapai indikator ketuntasan yang ditetapkan. Perlu dilanjutkan ke siklus II.Kekurangan-kekurangan pada siklus I diperbaiki dan disempurnahkan pada siklus II. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament pada mata pelajaran geografi materi Hidrologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMA Tridharma Gorontalo pada tahun ajaran 2014/2015. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament, hasil belajar.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011