ESSAY

Writer / NIM
NUR'AIN PODUNGGE / 451408089
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Advisor 2 / NIDN
NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Abstract
Nur’Ain Podungge “Pemetaan dan Analisis Sebaran Sekolah Dasar Berbasis Sistem Informasi Geografi di Kota Gorontalo”. Penelitian ini merupakan pemetaan gambaran yang sebenarnya dari lokasi Sekolah Dasar yang berada di Kota Gorontalo, dengan Jumlah Sekolah Dasar Negeri 124 sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menampilkan peta sebaran Sekolah Dasar Negeri dan untuk mengetahui kemampuan Sistem Informasi Geografi, persebaran sekolah dasar, rasio jumlah Guru-siswa dan Rasio Rombongan belajar dan Siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu pengukuran di lapangan dengan menggunakan Global Positioning System (GPS), pengambilan data Jumlah Guru, Jumlah Siswa, Jumlah Rombongan belajar dan Jumlah Penduduk di tiap kecamatan serta pengolahan data menggunakan software ArcGis. Berdasarkan penelitian ini maka dapat diketahui bahwa sekolah dasar yang ada di kota gorontalo tidak merata karena sudah melebihi dari ketentuan jika kita mengacu pada permen diknas no 24 tahun 2007. Begitu pula halnya dengan jumlah murid, jumlah guru dan jumlah rombongan belajar. Kata Kunci: SIG, Pemetaan Sekolah Dasar, dan Jumlah Penduduk Kota
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011