ESSAY

Writer / NIM
NURJULIS ALI / 451408092
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Advisor 2 / NIDN
Dr.Eng SRI MARYATI / 0026038203
Abstract
ABSTRAK Nurjulis Ali, 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Study terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Geografi Topik Lingkungan Hidup. Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Geografi ,Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr.Sunarti S. Eraku,M.Pd, Pembimbing II Dr. Eng. Sri Maryati, S.Si. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran Outdoor Study dengan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI pada topik Lingkungan hidup dengan kelas yang menggunakan pengajaran langsung. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara penggunaan Metode pembelajaran outdoor dan penggunaan Metode pembelajaran langsungpada mata pelajaran Geografimateri lingkungan hidup di SMAN 1 Limboto Barat dengan nilai rata-rata pada kelas kontrol XK= 71,4713 dan rata-rata pada kelas eksperimen XE=76,64. Sedangkan pengujian hipotesis =0,05 didapatkan ttabel=2.01995 dan thitung=19,161, karena thitung>ttabel (19,161>2.01995) maka H0 ditolak dan disimpulkan nilai siswa yang dibelajarkan dengan Metode outdoor study lebih tinggi secara signifikan dari pada siswa yang menggunakan Metode pembelajaran langsung pada mata pelajaran Geografi materi lingkungan hidup di SMAN 1 Limboto Barat.Dengan demikian penggunaan metode pembelajaran outdoor Study lebih baik untuk digunakan dibandingkan dengan metode pembelajaran langsung. Kata kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Langsung Outdoor Study
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011