ESSAY

Writer / NIM
NURNOVITA R. MANI / 451408094
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Advisor 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstract
ABSTRAK Nurnovita R. Mani. 2012. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe question student have pada mata pelajaran geografi. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Geografi. Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : 1) Prof. Dr. Yoseph Paramata M.Pd, dan 2) Ahmad Zainuri S.pd, M.T. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe question student have pada mata pelajaran geografi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini melibatkan kelompok perlakuan (X-3) dan kelompok kontrol (X-4). Penelitian ini ditujukan untuk melihat apakah ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe question student have dengan siswa yang dibelajarkan dengan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe question student have. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas X di SMA Negeri 1 Telaga. Instrument penelitian menggunakan tes. Tes tersebut dilaksanakan pada siswa yang ada dikelompok perlakuan dan juga pada kelompok kontrol. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan membuat daftar hasil tes siswa pada kedua kelompok tersebut. Selanjutnya diuji normalitasnya dengan menggunakan analisis statistik Chi- Kuadrat. Hasilnya adalah bahwa nilai ?2hitung ttabel yaitu 4,637 ? 2,0085 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe question student have dengan siswa yang dibelajarkan dengan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe question student have Kata kunci : Question Student Have dan Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011