ESSAY

Writer / NIM
PONIHINDRAWATI S. PAMA / 451408101
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Advisor 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstract
PONIHINDRAWATI S. PAMA. NIM. 451 408 101. " Deskripsi Cara Belajar Siswa SMA Prasetya Kota Gorontalo Pada Mata Pelajaran Geografi". Skripsi. Jurusan Fisika Program Studi Geografi. Fakultas Matematika dan IPA. Universitas Negeri Gorontalo. 2014. Pembimbing I Prof. Dr. Yoseph Paramata M.Pd dan Pembimbing II Citron S. Payu S.Pd, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi cara belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di SMA Prasetya Kota Gorontalo.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif untuk mendeskripsikan cara belajar siswa SMA Prasetya Kota Gorontalo pada mata pelajaran geografi. Dari hasil menunjukkan bahwa cara belajar siswa yang diukur dari: (1) indikator niat diperoleh presentase sebesar 88,89% dengan kategori baik, (2) indikator kemauan yang kuat diperoleh presentase sebesar 83,33% dengan kategori baik, (3) indikator perhatian diperoleh presentase sebesar 83.75% dengan kategori baik, (4) indikator konsentrasi diperoleh presentase sebesar 77,50% dengan kategori baik, (5) indikator apersepsi diperoleh presentase sebesar 83.33% dengan kategori baik, (6) indikator catatan diperoleh presentase sebesar 85,83% dengan kategori baik, dan (7) indikator bertanya diperoleh presentase sebesar 85% dengan kategori baik. Secara umum cara belajar siswa secara keseluruhan dapat diperoleh sebesar 84.66 % dengan kategori baik. Penjelasan di atas menunjukkan bahwa cara belajar siswa baik di sekolah maupun di rumah bahwa siswa sebelum melakukan aktivitas belajar selalu berniat, siswa sudah memiliki kemauan yang kuat dalam belajar, siswa memiliki perhatian terhadap materi yang akan dipelajari, siswa selalu konsentrasi dalam melakukan kegiatan pembelajaran, melakukan apersepsi terhadap pelajaran yang diterima, dan siswa memiliki catatan setiap mata pelajaran yang diterima. Sehingga dapat disimpulkan cara belajar siswa dalam melakukan aktivitas pembelajaran di sekolah maupun di rumah sudah dilaksanakan dengan baik. Kata Kunci: Cara Belajar Siswa, Mata Pelajaran Geografi .
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011