ESSAY

Writer / NIM
RATNA LA RATA / 451408106
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Advisor 2 / NIDN
NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Abstract
Ratna La Rata. Pengaruh Penggunaan Metode Insiden Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrosfer. Penelitian yang dilakukan merupakan suatu kajian studi eksperimen yang di salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di Kota Gorontalo yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang menggunakan metode insiden dengan siswa yang menggunakan metode ceramah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Model Gorontalo dengan jumlah siswa untuk keseluruhan siswa kelas X sebesar 215 orang. Sampel pada penelitian ini adalah melibatkan kelas eksperimen X8 dengan jumlah 21 dan kelas kontrol X9 dengan jumlah 22 orang. Desain penelitian yang dugunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan posttest-only control design. Secara statistik, data rata-rata skor hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode insiden dan kelas yang menggunakan metode ceramah di uji perbedaannnya dengan menggunakan ststistik uji t pada pengujian hipotesis. Pada kelas kentrol memiliki hasil belajar (73,2%) sedangkan kelas eksperimen (81,6%) dan aktifitas belajar berpusat pada guru. Berdasarkan temuan-temuan tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan metode insiden dengan kelas yang menggunakan metode ceramah Kata kunci : Hasil belajar siswa dengan menggunakan metode insiden
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011