ESSAY

Writer / NIM
ROHMILA MAYANG / 451408113
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Advisor 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
ABSTRAK Rohmila Mayang, 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Pokok Bahasan Hidrologi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. rer. Nat. Mohamad Jahja dan Pembimbing II Ibu Supartin, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Wonosari tahun ajaran 2011/2012. Sampel diambil dengan menggunakan cluster random sampling sehingga diperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas X3 berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung pada kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan kelas yang menggunakan pembelajaran langsung. Kata kunci : Think Pair Share. Hasil belajar siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011