ESSAY

Writer / NIM
ROSLIN JAENI / 451408114
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Advisor 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstract
ABSTRAK ROSLIN JAENI. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Geografi Khususnya Materi Hidrosfer. Program Studi Geografi Jurusan Fisika Fakultas Matematika Dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.Si Dan Pembimbing II Daud Yusuf S.Kom, M.Si. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas X SMA Negeri Tilamuta dengan obyek penelitian adalah 20 orang siswa, terdiri dari 6 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, dan instrument penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru, keterlaksanaan pembelajaran, lembar aktivitas siswa (aktivitas tutor dan teman sebaya). hasil belajar pada siklus I adalah 55% dan meningkat menjadi 95% pada siklus II. Pengelolaan pembelajaran termasuk aktivitas guru 84% pada siklus I, menjadi 100% pada siklus II. Aktivitas pelaksanaan pembelajaran 84% pada siklus I, meningkat menjadi 100% pada siklus II. Aktivitas tutor 1 69%, tutor 2 75%, tutor 3 87%, tutor 4 83% pada siklus I dan pada siklus II meningkat tutor 1 88%, tutor 2 91% , tutor 4 84%. Aktivitas teman sebaya 66% siklus I, meningkat menjadi 83% . Kata Kunci : Metode Tutor Sebaya, Hasil Belajar, Hidrosfer
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011