ESSAY

Writer / NIM
RUKIYA MONOARFA / 451408116
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Advisor 2 / NIDN
NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Abstract
Rukiya Monoarfa, 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Topik Lingkungan Hidup, Skripsi, Prodi Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M. Si, Pembimbing II Nurfaika, S. Si, M. Sc. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan kelas yang menggunakan model Pengajaran Langsung. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri I Buntulia Kelas XI IPS Tahun Ajaran 2011/2012. Desain penelitian yang digunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Data yang diperoleh dalam penelitian adalah skor hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes. Pengujian hipotesis digunakan Uji Anakova. Skor rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah adalah 22,00 dan skor rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model Pengajaran Langsung adalah 19,30. Berdasarkan pengujian statistik disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam hal antara hasil belajar siswa yang menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pengajaran langsung. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Pengajaran Langsung, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011