ESSAY

Writer / NIM
VENDY NUVRIJAL / 451408141
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Advisor 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
ABSTRAK Vendy Nuvrizal, 2012. Skripsi Penerapan Metode Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Topik Lingkungan Hidup. Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Bapak Drs. Asri Arbie M.Si selaku Pembimbing I dan Ibu Supartin, M.Pd selaku Pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh rendahnya partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode Snowball Throwing. Adapun desain Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan adalah desain penelitian Model Spiral dari Kemis dan Taggart. Model ini mencakup sejumlah Siklus masing-masing terdiri dari beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Siswa yang menjadi subjek tindakan kelas adalah kelas XI IPS1 SMA Negeri 4 kota Gorontalo tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 30 orang. Data diperoleh menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktifitas guru dan aktifitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 4 kota Gorontalo pada pelajaran Geografi khususnya materi lingkungan hidup. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan metode Snowball Throwing mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Kata kunci : Penerapan, Metode Snowball Throwing, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011