ESSAY

Writer / NIM
WIDIARNI / 451408145
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Advisor 2 / NIDN
Dr.Sc. YAYU INDRIATI ARIFIN, M.Si / 0030017802
Abstract
ABSTRAK Widiarni. 2012. Penerapan Outdoor Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Topik Lingkungan Hidup. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II, Yayu I. Arifin S.Pd, M.Si. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 di kelas XI IS 3 SMA Neg. 4 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode outdoor learning dengan jumlah siswa yang dikenai tindakan 31 orang. Penelitian berlangsung dalam 2 siklus. Data diperoleh melalui lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar pengamatan keterampilan personal dan sosial siswa serta tes hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada siklus I persentase siswa yang tuntas sebesar 48% dari seluruh siswa yang dikenai tindakan. Persentase ini menunjukkan bahwa penelitian belum berhasil sebab belum memenuhi indikator kinerja. Oleh karena itu, penelitian dilanjutkan pada siklus II. Aspek-aspek pengamatan yang belum terlaksana dengan baik diperbaiki pada siklus ini. Hasilnya, seluruh siswa yang dikenai tindakan memiliki ketuntasan sebesar 81%. Dengan demikian, metode outdoor learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada topik lingkungan hidup. Kata kunci: outdoor learning, hasil belajar, lingkungan hidup.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011