ESSAY

Writer / NIM
WIDYA NUR / 451408146
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Advisor 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
Widya Nur. 2012. Pengaruh Penggunaan Metode The Learning Cell Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Topik Atmosfer. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Muhammad Yusuf, S.Si, M.Si dan Pembimbing (2) Supartin, S.Pd, M.Pd. Pembelajaran yang masih banyak didominasi oleh metode ceramah belum melibatkan siswa secara keseluruhan aktif sehingga berdampak pada hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan memperoleh informasi serta penjelasan tentang pengaruh penggunaan metode The Learning Cell terhadap hasil belajar siswa pada materi atmosfer. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Gorontalo yang berjumlah 319 orang yang tersebar pada 10 kelas. Pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling atau sampel acak berkelompok. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X7 yang akan mendapat perlakuan dengan menggunakan metode The Learning Cell dan kelas kontrol adalah X10 yang akan mendapat perlakuan menggunakan metode ceramah. Instrument yang digunakan adalah post test only control. Hipotesis penelitian adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan metode the Learning Cell dengan kelas yang menggunakan metode ceramah. Hal ini ditunjukkan dengan hasil yang diperoleh oleh siswa yang menggunakan metode The Learning Cell lebih tinggi sebesar 74,00 sedangkan dengan rata-rata untuk hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah sebesar 63,15. Kata kunci : Metode The Learning Cell, Metode Ceramah, Hasil Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011