ESSAY

Writer / NIM
WINDAYANI IKA YUNITA SARI / 451408147
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Advisor 2 / NIDN
Dr.Sc. YAYU INDRIATI ARIFIN, M.Si / 0030017802
Abstract
Abstrak Windayani Ika Yunita Sari. Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran outdoor learning (kelas eksperimen) dan yang tanpa menggunakan metode pembelajaran outdor learning (kelas kontrol). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMA Negeri 1 Telaga dan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan Posttes Only Control Design . pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument test. Tes diberikan pada siswa yang berada di kelas eksperimen dan di kelas kontrol. Data hasil penelitian diuji normalitasnya dengan menggunakan uji statistika yaitu dengan menggunakan rumus Chi Kuadrat dan diperoleh nilai x2hitung ? x2tabel yaitu kelas eksperimen sebesar 6,010?11,070 dan untuk kelas kontrol 0,935?11,070. Data hasil penelitian ini menunjukaan bahwa untuk kedua kelas data tersebut dapat berdistribusi secara normal. Berdasarkan hasil pengujian normalitas data, maka rata-rata skor hasil belajar siswa menggunakan statistika uji t. Dari hasil pengujian hipotesis didapatkan thitung?ttabel , 2,857 > 2,005. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran outdoor learning dengan siswa yang dibelajarkan dengan tanpa menggunakan metode outdoor learning . Kata kunci : Outdoor Learning dan Hasil Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011