ESSAY

Writer / NIM
WIWAN ABDULLAH / 451408148
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Advisor 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstract
ABSTRAK Wiwan Abdullah, 2012. Pemanfaatan Sumber Belajar Lingkungan Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Pokok Materi Pencemaran Lingkungan Hidup. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan sumber belajar lingkungan berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi Pencemaran Lingkungan Hidup. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS Efektif MAN Model Manado, yang berjumlah 33 orang yang di laksanakan pada bulan mei 2012. Pada pembelajaran ini siswa memanfaatkan sumber belajar lingkungan dengan melakukan pengamatan berdasarkan sub pokok materi yang diberikan. Untuk meningkatkan efektivitas hasil belajar siswa digunakan instrumen pengumpulan data berupa lembar pengamatan kegiatan guru, aktivitas siswa dan evaluasi di akhir pembelajaran berupa tes tertulis. Penelitian ini dilaksanakan dalam tahapan 2 siklus, pada siklus I untuk hasil pengamatan kegiatan guru hanya mencapai 65,5% dan hasil pengamatan untuk aktivitas siswa mencapai 63,3%, selanjutnya pada ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 48,48%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan disetiap aspek penilaian untuk keefektivitas hasil belajar, dimana hasil pengamatan kegiatan guru meningkat menjadi 86,4%, aktivitas siswa sebesar 85% dan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 81,81%. Dengan melihat hasil dari tindakan tersebut maka disimpulkan dari pemanfaatan sumber belajar lingkungan melalui pendekatan berbasis Contextual Teaching and Learning yang digunakan pada penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Efektif di MAN Model Manado. Kata Kunci : Hasil Belajar, Sumber Belajar Lingkungan, CTL, Lingkungan, Pencemaran Lingkungan Hidup
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011