Writer / NIM
						WISRA ANUBA / 451409066
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
						Advisor 1 / NIDN
						Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
						Advisor 2 / NIDN
						MUHAMMAD KASIM, S.T., M.T / 0015097706
						Abstract
						ABSTRAK
Wisra Anuba. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Microsoft Powerpoint Berbasis Cooperative Tipe Learning Together Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Mata Pelajaran Geografi Materi Sumber Daya Alam dan Jenisnya.Skripsi. Program Studi S1  Pendidikan Geografi Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh penggunaan media microsoft powerpoint berbasis cooperative tipe learning together terhadap hasil belajar siswa SMA mata pelajaran geografi materi sumber daya alam dan jenisnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan media microsoft powerpoint berbasis cooperative tipe learning together dengan media chart berbasis cooperative tipe learning together. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes. Tes diberikan setelah ada perlakuan pada siswa yang berada di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data hasil penelitian diuji normalitasnya dengan menggunakan uji statistik metode chi square test dan diperoleh nilai  2hitung ≤  2tabel  yaitu kelas eksperimen sebesar  2,25 < 9,488 dan untuk kelas kontrol 2,73 < 9,488 data hasil penelitian ini menunjukan bahwa untuk kedua kelas data tersebut dapat berditribusi secara normal.Data hasil pengujian homogenitas varians diuji menggunakan uji barlett statistic chi kuadrat diperoleh 2,27 < 9,488 maka data tersebut homogen, pengujian ini bertujuan untuk menentukan teknik uji hipotesis karena data homogen uji hipotesis yang digunakan adalah statistik uji t. Dari hasil pengujian hipotesis didapatkan thitung ≥ ttabel  yaitu 18,60 > 2,052. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media microsoft powerpoint dengan siswa yang dibelajarkan dengan media chart.
Kata kunci : Media microsoft powerpoint, cooperative tipe learning              together dan hasil belajar siswa
						Download files