ESSAY

Writer / NIM
FAJRIANSYAH / 451409081
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Advisor 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstract
Fajriansyah, 2014."Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Informaion Search Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Hidrosfer". Penelitian ini merupakan studi penelitian eksperimen di Madrasyah Aliyah Negeri Limboto Kab.Gorontalo. mengkaji tentang pembelajaran dengan menggunakan "Pembelajaran Kooperatif Tipe Information Search" yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen (XE) yang menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Information Search dan kelas kontrol (XD) yang menggunakan pembelajaran Kooperatif tipe Example Non Example. Seluruh siswa kelas X yang berjumlah 5 kelas menjadi populasi penelitian ini, kemudian ditentukan 2 kelas untuk menjadi sampel penelitian dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan instrument tas objektif. Data hasil penelitian di uji normalitasnya dengan menggunakan statistic Uji Lielifors L0 ≤ Ldaftar yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 0,1025 ≤ 0,220dan untuk kelas control sebesar 0,2196 ≤ 0,227. Data hasil uji satistik menunjukan bahwa kedua kelas tersebut dapat terdistribusi secara normal. Berdasarkan hasilpengujian normalitas data, pengujian hipotesis diuji secara statistic dengan menggunakan statistic uji t. dari hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikan diperoleh thitung ≥ ttabel yaitu 2,019 ≥ 1,699 yang berarti menerima hipotesis alternatif (H1diterima) dan H0 ditolak, ha ini berarti terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas control pada hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang diberikan perlakuan dengan menggunakan Pembelajaran Kooperaif Tipe Information Search dan kelas yang menggunakan pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran Kooperatif Tipe Information Search dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaran geografi materi hidrosfer. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Information Search. Hasil Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011