Writer / NIM
						RAEHAN POTABUGA / 451409088
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
						Advisor 1 / NIDN
						Dr. rer.nat  MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
						Advisor 2 / NIDN
						DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
						Abstract
						ABSTRAK
Raehan Potabuga. 2014. "Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Topik Demografi". Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. 
Penelitian ini merupakan studi eksperimen di SMP N 6 Gorontalo yang meneliti tentang hasil belajar dengan menggunakan  model pembelajaran Cooperative Learning tipe jigsaw pada materi demografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan  menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe jigsaw dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada topik demografi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 6 Gorontalo. Sampel diambil menggunakan Cluster Random Sampling, diperoleh dua kelas yakni kelas VIII 6 sebanyak 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol sebanyak 26 siswa. Data hasil penelitian ini diuji normalitasnya menggunakan statistika uji Chi kuadrat dan diperoleh nilai x_hitung^2   t_tabel yakni 3,23 > 2,021. Berdasarkan pengujian tersebut maka hipotesis terbukti dan diterima secara ilmiah diperoleh bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar  siswa yang diajarkan menggunakan  model pembelajaran  Cooperative Learning tipe jigsaw dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada topik demografi.
Kata Kunci : Model pembelajaran Cooperative Learning, jigsaw, hasil                                  belajar siswa, demografi
						Download files