ESSAY

Writer / NIM
RAEHAN POTABUGA / 451409088
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Advisor 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstract
ABSTRAK Raehan Potabuga. 2014. "Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Topik Demografi". Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini merupakan studi eksperimen di SMP N 6 Gorontalo yang meneliti tentang hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe jigsaw pada materi demografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe jigsaw dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada topik demografi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 6 Gorontalo. Sampel diambil menggunakan Cluster Random Sampling, diperoleh dua kelas yakni kelas VIII 6 sebanyak 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol sebanyak 26 siswa. Data hasil penelitian ini diuji normalitasnya menggunakan statistika uji Chi kuadrat dan diperoleh nilai x_hitung^2 t_tabel yakni 3,23 > 2,021. Berdasarkan pengujian tersebut maka hipotesis terbukti dan diterima secara ilmiah diperoleh bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe jigsaw dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada topik demografi. Kata Kunci : Model pembelajaran Cooperative Learning, jigsaw, hasil belajar siswa, demografi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011