ESSAY

Writer / NIM
ROBBIN NURDIANSYAH ISMAIL / 451409093
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Advisor 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstract
ABSTRAK Robin Ismail. 2016. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Diintegrasikan dengan Model Pembelajaran Two Stay To Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Pokok Bahasan Lingkungan Hidup di SMA Negeri I Paguyaman Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Tipe Think Pair Share Diintegrasikan dengan Model Pembelajaran Two Stay To Stray (kelas eksperimen) dan kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share saja (kelas kontrol). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri I Paguyaman dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS1 sebagai kelas eksperimen dan XI IP2B sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan Post test-Only Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes. Data hasil penelitian di uji normalitasnya dengan menggunakan uji statistik dengan rumus chi-kuadrat dan diperoleh nilai 2hitung ࣖtabel yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 1,2889 â 11,070 dan untuk kelas kontrol 2,6092 â 11,070. Data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk kedua kelas data tersebut terdistribusi normal. Dari hasil pengujian hipotesis didapatkan t hitung > ttabel yaitu 8,15>2,001. Sehingga dari hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share Diintegrasikan dengan Model Pembelajaran Two Stay To Stray dan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share saja. Kata Kunci : Model pembelajarn Think Pair Share, Two Stay Two Stray,, hasil belajar, dan lingkungan hidup
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011