ESSAY

Writer / NIM
FEBLANI MOHTAR / 451410002
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Advisor 2 / NIDN
Dr.Eng SRI MARYATI / 0026038203
Abstract
ABSTRAK: Rufkah H. Rompas. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Lingkungan Nyata Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMPN 1 Monano Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Fitryane Lihawa, M.Si. dan Pembimbing II Daud Yusuf, S.Kom, M.Si. Penelitian ini bertujuan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Lingkungan Nyata Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMPN 1 Monano Kabupaten Gorontalo Utara. Hasil penelitian menunjukaan bahawa pada pelaksaanan tindakan kelas siklus I bahwa dari 20 orang jumlah siswa terdapat 14 orang yang mencapai nilai standar ketuntasan minimal dengan presentase 70%. Pada pelaksanaan siklus II jumlah siswa yang mencapai nilai standar ketuntasan minimal meningkat menjadi 19 orang dengan presentase 95%. Kesimpulan yakni penggunaan media lingkungan nyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Monano dapat dilihat dari hasil observasi awal terdapat 8 orang siswa yang mencapai nilai standar ketuntasan minimal (75) dengan presentase 40% setelah melakukan tindakan kelas siklus I dan tindakankelas siklus II telah terjadi perubahan atau peningkatan pada tindakan siklus I tedapat 14 orang siswa yang mencapai nilai standar ketuntasan minimal dengan presentase 70% dan pada tindakan siklus II tedapat 19 orang siswa yang mencapai nilai standar ketuntasan minimal dengan presentase 95% siswa yang mencapai nilai standar ketuntasan minimal. Kata Kunci: Media Lingkungan Nyata, Hasil Belajar Siswa. ABSTRACT: Rufkah H. Rompas. 2017. Improving students' learning achievement through the Aplication of real environment media on social science (IPS) Subject at SMPN 1 Monano class VIII North Gorontalo regional. Skrips. Departement of Earth Science and Technology. State university of Gorontalo. Principal supervior is Dr. Fitryane Lihawa, M.Si and Co-supervior is Daud Yusuf, S.Kom, M.Si. The Research aims at improving Students' learning achievement through aplying real environment media on IPS Subject at Class VIII SMPN 1 Monano. Research method applies classroom action research. The research finding in sicle I is 14 students out of 20 who have achieved minimum passing grade, it is about 75% , then in sicle II improves to 19 students or 95% who have achieved the minimum passing grade. It can be conclude that the aplying of real environment media could improve students' achievement on social science (IPS) class VIII SMPN 1 Monano. It could be seem in first observation that only 8 students who have achieved minimum passing grade (75), itis about 40%. After doing action class in sicle I, the students' achievement could be improved to 70% that is 14 students who have achieved minimum passing grade. In sicle II, the students' achivement could be improved to 95% that is 19 students who have achieved minimum passing grade. Key Words: Real Environment Media, Students' learning Achivement
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011