ESSAY

Writer / NIM
IRNAWATI ISHAK / 451410014
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Advisor 2 / NIDN
NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Abstract
ABSTRAK Irnawati Ishak. 2015. "Penerapan Integrasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Question Student Have (QSH) Dengan Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrosfer". Suatu penelitian di SMA Negeri 1 Kabila. Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Prodi Pendidikan Geografi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo (UNG) 2015. Pembimbing I. Prof. Dr. H. Yoseph Paramata, M.Pd dan Pembimbing II. Nurfaika, S.Si, M.Sc. Penelitian ini adalah suatu penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabila. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep Hidrosfer dengan menggunakan Integrasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Question Student Have (QSH) Dengan Numbered Head Together (NHT pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Kabila Tahun Ajaran 2015-2016 yang berjumlah 32 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan mengikut sertakan seorang guru pengamat. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah 75 % dari siswa yang memperoleh nilai 75 keatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Integrasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Question Student Have (QSH) Dengan Numbered Head Together (NHT) ini terdapat peningkatan yang nampak pada siklus I menunjukan 34,37% siswa yang memenuhi KKM dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 84,37% siswa yang memenuhi KKM. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Integrasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Question Student Have (QSH) Dengan Numbered Head Together (NHT) pada materi Hidrosfer dapat meningkat hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 kabila. Kata Kunci : Hasil Belajar, Kooperatif Tipe Question Student Have (QSH),Numbered Head Together (NHT), Hidrosfer
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011