ESSAY

Writer / NIM
MOHAMAD TOMI MUSTAPA / 451410015
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Advisor 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstract
Moh. Tomi Mustapa, 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Grup Investigasi terhadap hasil belajar siswa di kelas XI SMAN 1 Telaga pada mata pelajaran geografi. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I oleh Dr. Fitryane Lihawa, M.Si dan Pembimbing II oleh Daud Yusuf, S.Kom, M.Si. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Telaga, penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif .Dalam penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Grup Investigasi sebagai sumber pembelajaran dengan Pembelajaran Langsung sebagai sumber pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. penelitian ini di laksanakan sebanyak tiga kali pertemuan dan menggunakan obyek penelitian yaitu kelas XI MIA1 dan kelas XI MIA2 masing- masing kelas siswanya sebanyak 30 orang. Instrumen tes hasil belajar siswa dalam bentuk tes essay berjumlah 8 butir soal denga skor 0-100. Skor hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Group Investigasi sebagai sumber belajar dari jawaban siswa yang berjumlah 30 orang. Distribusi frekuensi data hasil belajar siswa secara keseluruhan yaitu hasil belajar siswa di kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Grup Investigasi sebagai sumber belajar mencapai nilai 73,57 % dan 67,97 % adalah skor rata-rata untuk kelas yang menggunakan Pembelajaran Langsung sebagai Sumber Pembelajaran. Nilai menunjukan bahwa skor rata-rata hasil belajar siswa pada kedua kelas ini memiliki selisih sebesar 5, 6%. Sedangkan hasil uji t hipotesis dimana Thitung> Ttabel, yaitu Thitung= 2,47 > Ttabel = 1,669. Berdasarkan persentase tersebut, disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran model grup investigasi dengan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Hasil belajar siswa, Pembelajaran Grup investigasi dengan, Sumber Daya Alam.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011