ESSAY

Writer / NIM
SITI KHOTIJAH / 451410039
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Advisor 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstract
ABSTRAK Siti Khotijah, 451 410 039. Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada materi atmosfer. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas X SMA Tridharma Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas X di SMA Tridharma Gorontalo tahun ajaran 2013/2014. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Tridharma Gorontalo yang berjumlah 14 orang yang terdiri dari 11 laki-laki dan 3 perempuan. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan kegiatan guru, lembar aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Pengelolaan pembelajaran termasuk kegiatan guru 83% pada siklus I menjadi 89% pada siklus II. Aktivitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran 68,65% pada siklus I meningkat menjadi 81,84% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 57,14% dan meningkat menjadi 85,71% pada siklus II. Dengan demikian, model pembelajaran artikulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa geografi di kelas X SMA Tridharma Gorontalo khususnya pada materi atmosfer. Kata Kunci : Model Artikulasi, Hasil Belajar, Atmosfer
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011