ESSAY

Writer / NIM
WISRAWATI DUTIE / 451410052
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Advisor 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
Wisra. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Materi Hidrosfer (Suatu Penelitian di SMA Negeri 1 Bonepantai pada Siswa Kelas X). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe giving question and getting answer pada mata pelajaran Geografi materi Hidrosfer kelas X SMA Negeri 1 Bonepantai. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan rancangan posttest - control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Bonepantai T.P 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampeling. Data hasil belajar siswa yang dikumpulkan dengan menggunakan instrument tes hasil belajar. Selanjutnya data diuji normalitasnya dengan menggunakan analisis statisti Chi-Kuadrat. Hasilnya adalah bahwa 2hitung < 2tabel yaitu hasil belajar yang dibelajarkan menggunakan make a match sebesar 8,654 < 11,070 dan untuk hasil belajar yang dibelajarkan menggunakan giving question and getting answer sebesar 6,348< 11,070. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t menunjukan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,763 > 2,000. Hal ini berarti bahwa hasil pengujian menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan yang dibelajarkan menggunakan kooperatif tipe giving question and getting answer. Demikian pula skor rata-rata kemajuan hasil belajar siswa dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran make a match lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran giving question and getting answer yaitu x _1 = 87 > x _2 = 80. Dengan demikian penerapan model pembelajaran make a match dapat memberikan hasil yang lebih tinggi terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrosfer. Kata Kunci: Model Pembelajaran kooperatif tipe Make a Match, hasil belajar siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011