ESSAY

Writer / NIM
DEDRIS DJODJO / 451410055
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Advisor 2 / NIDN
NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Abstract
Dedris Djodjo. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individuaalization (TAI) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperative Tipe Team Assisted Individuaalization (TAI) dengan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMAN 2 Kota Gorontalo. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Posttest Only Control Design dan Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui test essay. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik parametrik uji kesamaan dua rata-rata, dengan pendekatan yang digunakan adalah pengujian validitas, realibilitas, dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh Model Pembelajaran Kooperative Tipe TAI dapat terlihat dengan adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan Integrasi Model Pembelajaran Kooperative Tipe Team Assisted Individuaalization (TAI) dengan kelas kontrol yang menggunakan Model Kooperatif tipe STAD, yaitu diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (X1) = 57,69 dan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol (X2) = 43,33 dimana kelas eksperimen memiliki hasil belajar 13,36% lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini juga dapat dibuktikan dengan uji beda dua rata-rata hasil belajar siswa diperoleh nilai thitung = 6,85 untuk = 0,05 diperoleh nilai tdaftar = 2,021, dimana thitung berada di luar daerah penerimaan ho, sehingga ho ditolak dan h1 diterima. Dengan demikian, adanya perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Pembelajaran Kooperative Tipe Team Assisted Individuaalization (TAI) terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci :Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individuaalization (TAI), Hasil belajar siswa.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011