Writer / NIM
						DEDRIS DJODJO / 451410055
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
						Advisor 1 / NIDN
						Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
						Advisor 2 / NIDN
						NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
						Abstract
						Dedris Djodjo. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individuaalization (TAI) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperative Tipe Team Assisted Individuaalization (TAI)  dengan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMAN 2  Kota  Gorontalo. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Posttest Only Control Design dan Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui test essay. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik parametrik uji kesamaan dua rata-rata, dengan pendekatan yang digunakan adalah pengujian validitas, realibilitas, dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh Model Pembelajaran Kooperative Tipe TAI dapat terlihat dengan adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan Integrasi Model Pembelajaran Kooperative Tipe Team Assisted Individuaalization (TAI) dengan kelas kontrol yang menggunakan Model Kooperatif tipe STAD, yaitu diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (X1) = 57,69  dan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol (X2) = 43,33 dimana kelas eksperimen memiliki hasil belajar 13,36% lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini juga dapat dibuktikan dengan uji beda dua rata-rata hasil belajar siswa diperoleh nilai thitung = 6,85 untuk  = 0,05 diperoleh nilai tdaftar = 2,021, dimana thitung berada di luar daerah penerimaan ho, sehingga ho ditolak dan h1 diterima. Dengan demikian, adanya perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Pembelajaran Kooperative Tipe Team Assisted Individuaalization (TAI) terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci :Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individuaalization (TAI), Hasil belajar siswa.
						Download files