ESSAY

Writer / NIM
JULHAN RONGGA / 451410061
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Advisor 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstract
ABSTRAK Julhan Rongga.2015,Pengaruh Penggunaan Modul Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMU Negeri 2 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Ilmu Dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sunarty Eraku, M.Pd dan Pembimbing II Ahmad Zainuri S.Pd, MT. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat perbedaan hasil belajar geografi antara siswa yang diajar dengan menggunakan modul berbasis lingkungan dan siswa yang diajar secara konvensional yaitu ceramah dan tanya jawab pada tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui perbedaan yang hasil belajar geografi antara siswa kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo yang diajar dengan menggunakan modul berbasis lingkungan dengan siswa yang diajar secara konvensional yaitu cermah dan tanya jawab padatahun ajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan disain penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Grop Design. Tempat pcnelilian ini berlokasi di SMAN 2 Gorontalo subjeknya siswa kelas XI yang Berjumlah 128 Orang yang terbagi atas 4 kelas. Teknik Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data inferensial. Hasil belajar geografi siswa yang diajar dengan menggunakan modul berbasis lingkungan lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional ceramah,dan tanya jawab. Hal ini sesuai dengan kriteria pengujian terima H0 jika Fhitung £ Ftabel. Selanjutnya diperoleh Fhitung = 3,05 dan Ftabel = 1,67 dimana 3,05 > 1,67 , sehingga H0 jatuh pada daerah penolakan uji t.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011