ESSAY

Writer / NIM
WAHYUNI I. HOGI / 451410089
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Advisor 2 / NIDN
Dr.Eng SRI MARYATI / 0026038203
Abstract
ABSTRAK Hogi, wahyuni. 451410089. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Role Playing Pada Materi Tata Surya. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Teknologi dan Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. 2017. Tujuan dari penelitian, untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode role playing pada materi tata surya. Siswa yang menjadi subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas XA SMA Negeri I Suwawa yang berjumlah 20 orang siswa. Data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas XA SMA Negeri I Suwawa pada mata pelajaran Geografi materi tata surya, dengan hasil belajar siswa pada siklus I dari 20 orang siswa, hanya 8 orang yang tuntas yang mencapai kriteria ketuntasan sebesar 40 %, dan selanjutnya diperbaiki pada siklus II dari 20 orang siswa yang tuntas mencapai 17 orang sebesar 85 %. Dengan demikian berdasarkan indikator keberhasilan yang di tentukan telah tercapai dan tidak perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Metode Role Playing. Hogi, wahyuni. 451410089. Improving Student Learning Outcomes Methods Through Role Playing In the Matter of the Solar System. Thesis, S1 Studies Program of Geography Education, Department of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Gorontalo. 2016. The purpose of the research, to improve student learning outcomes through the method of role playing on the material of the solar system. Students who become the subject of a class action research is the class XA SMAN I Suwawa totaling 20 students. Data obtained by using the test results of the students' learning, learning keterlaksanaan observation sheets, activity sheets teacher observations, student activity observation sheet. The result showed that the method of role playing can improve student learning outcomes in class XA SMAN I Suwawa in Geography subject matter of the solar system, the learning outcomes of students in the first cycle of 20 students, only eight people who completed reaching completeness criteria for 40%, and further improved in the second cycle of the 20 students who completed up to 17 people by 85%. Therefore, based on indicators of success in the set has been reached and no need to proceed to the next cycle. Keyword: Student Results, Role Playing Method
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011