ESSAY

Writer / NIM
HELMI LANTU / 451410094
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Advisor 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
ABSTRAK Helmi Lantu, NIM, 451410094. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar geografi pada materi lingkungan hidup (suatu penelitian eksperimen pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo) Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Gorontalo, penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar geografi yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan yang menggunakan model pembelajaran discovery. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan dan menggunakan obyek penelitian yaitu kelas XI IPS2 dan kelas XI IPS4 masing- masing kelas siswanya sebanyak 26 orang. Instrumen tes hasil belajar siswa dalam bentuk tes essay berjumlah 10 butir soal dengan skor 0-100. Rata-rata hasil belajar siswa secara keseluruhan yaitu hasil belajar siswa di kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mencapai nilai 90.26 dan 84.49 adalah skor rata-rata untuk kelas yang menggunakan model pembelajaran discovery. Sedangkan hasil uji t hipotesis dimanaThitung> Ttabel, yaitu Thitung= 1.78>Ttabel= 1.6759. Berdasarkan persentase tersebut, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar geografi yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan yang menggunakan model pembelajaran discovery. Kata kunci : Kooperatif tipe jigsaw, Hasil belajar siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011