ESSAY

Writer / NIM
HELDAWATI ANGGONA / 451410116
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Advisor 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstract
ABSTRAK Heldawati Anggona. NIM. 451410116. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered heads together (NHT) Uutuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Topik Biosfer. Jurusan fisika, prodi Geografi, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo 2015. Tujuan dari penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif numberd heads together (NHT) pada mata pelajaran geografi topik biosfer Di SMA Negeri 1 Bolaang yang berjumlah 20 orang. Data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Kooperatif Tipe Nubered heads together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas XI IPS SMA Negeri I Bolaang pada mata pelajaran geografi topik biosfer, dengan hasil belajar siswa pada siklus I dari 20 orang siswa, hanya 7 orang yang tuntas yang mencapai kriteria ketuntasan sebesar 35 % dengan rata-rata nilai mencapai 54.23. Selanjutnya diperbaiki pada siklus II dari 20 orang siswa yang tuntas mencapai 18 orang sebesar 90 % dengan rata-rata nilai mencapai 90.6. Dengan demikian berdasarkan indikator keberhasilan yang di tentukan telah tercapai dan tidak perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Kooperatif Tipe Nubered heads together (NHT)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011