ESSAY

Writer / NIM
SARNA PAKAYA / 451410134
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Advisor 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstract
ABSTRAK Sarna Pakaya. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Integrasi Model Pembelajaran Teams Asissted Individualization (TAI) dan Numbered Heads Together (NHT) di SMA N 1 Anggrek. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Nawir Sune, M.Si dan, Pembimbing II Ahmad Zainuri, S.Pd, MT. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi dinamika dan masalah kependudukan melalui integrasi model pembelajaran Teams Asissted Individualization (TAI) dan Numbered Heads Together (NHT) di SMA Negeri 1 Anggrek. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPSCI dengan jumlah siswa yang diberikan tindakan selama penelitian sebanyak 30 siswa, yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat komponen, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan atau observasi, dan pemberian tes pada akhir siklus pembelajaran. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa terdapat 20 dari 30 siswa dengan persentase 66,67%. Dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 33.33% Persentase keberhasilan pada siklus I belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan, sehingga perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Pada siklus II terdapat 29 dari 30 siswa yang dikenai tindakan memperoleh ketuntasan dengan persentase sebesar 96,67%, dan siswa yang tidak tuntas 3.33%. Nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 76.97% dan mengalami peningkatan pada siklus II 87.67%. Untuk ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 66.67% sedangkan pada siklus II menjadi 96.67%. Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Teams Asissted Individualization (TAI) dan Numbered Heads Together (NHT).
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011