ESSAY

Writer / NIM
SYARIFUDDIN TATENGKENG / 451410144
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Advisor 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstract
ABSTRAK SyarifuddinTatengkeng,2015. Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui implementasi metode pembelajaran brainstorming (curah pendapat / gagasan) pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Totikum (suatu penelitian tindakan di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Totikum).Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I olehProf. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II oleh Nova Elysia Ntobuo, M.Pd Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan metode pembelajaran brainstorming. Penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas model spiral Kemmis dan Taggart, dilaksanakan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar pengamatan aktivitas guru, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I, dari 30 siswa yang mencapai nilai 75 keatas yaitu 60%, aktivitas siswa 43.33% mendapat kriteria baik dan sangat baik, aktivitas guru 53.33% mendapat kriteria baik dan sangat baik, keterlaksanaan pembelajaran 63.64% mendapat kriteria baik dan sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa tindakan pada siklus I belum mencapai indikator ketuntasan yang sudah ditetapkan, sehingga tindakan dilanjutkan ke siklus II, karena untuk hasil belajar siswa dikatakan berhasil jika 80% mendapat nilai KKM yaitu 75 keatas, sedangkan untuk aktivitas siswa, aktivitas guru dan keterlaksanaan pembelajaran dikatakan tuntas jika 80% aspek yang dinilai mendapat nilai baik atau sangat baik. Pada siklus II, hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 90%, aktivitas siswa 96.66% mendapat kriteria baik dan sangat baik, aktivitas guru 93.33% mendapat kriteria baik dan sangat baik, keterlaksanaan pembelajaran 95.44% mendapat kriteria baik dan sangat baik. Peningkatan ini, menyebabkan tindakan pada siklus II terlaksana secara optimal dan tidak perlu dilakukan tindakan selanjutnya. Berdasarkan persentase tersebut, disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Pembelajaran Brainstorming, Sumber Daya Alam.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011