ESSAY

Writer / NIM
SRI VANI OLII / 451410171
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Advisor 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstract
ABSTRAK Sri Vani Olii. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learnig Tipe Group Investigation Diintegrasikan Dengan Metode Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Geografi Materi Pedosfer Di SMA Negeri 1 Limboto. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Bapak Prof. Dr. H. Yoseph Paramata, M.Pd, dan Ibu Nova Ntobuo, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation diintegrasikan dengan metode Make a Match dan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian menggunakan Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Limboto. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa yang menggunakan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation diintegrasikan dengan metode Make a Matchpada kelas eksperimen dan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation pada kelas kontrol. Hal ini nampak pada rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation diintegrasikan dengan metode Make a Match yakni 77,17 lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation yakni 56,06. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh bahwa t hitung > t tabel yakni t hitung = 10.518 dan t tabel = 1.9613 , denga demikian Ho ditolak dan Hi diterima. Penggunaan model pembelajaran yang signifikan pada hasil belajar siswa yang menggunakan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation diintegrasikan dengan metode Make a Match dapat menciptakan keterampilan serta kreatifitas siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan pembelajaran geografi khususnya pada pokok bahasan Pedosfer. Kata Kunci :model pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation. Metode Make a Match. Hasil Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011