ESSAY

Writer / NIM
SELI CINDRA / 451411014
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Advisor 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
ABSTRAK Seli Cindra. NIM. 451 411 014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Tridharma Gorontalo. Skripsi, Jurusan Ilmu Dan Teknologi Kebumian, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing: (1) Dr. Nawir Sune, M.Si, (2) Supartin, M.Pd. Masalah utama penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi mengalami peningkatan. Hipotesis tindakan adalah Jika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Artikulasi maka hasil belajar siswa pada materi flora dan fauna di kelas XI SMA Tridharma Gorontalo akan meningkat. Jumlah siswa yang dikenai tindakan yaitu 14 orang siswa kelas XI Ips SMA Tridharma tahun ajaran 2015-2016. Dalam pengumpulan data digunakan lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Indikator keberhasilan untuk hasil belajar apabila secara klasikal 75% jumlah siswa mendapat skor minimal 75. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan dari 14 orang siswa ada 8 orang siswa atau 57,14% memperoleh skor minimal 75, sedangkan 6 orang siswa atau 43% memperoleh skor kurang dari 75. Ini menunjukkan bahwa presentase keberhasilan pada siklus I belum mencapai indikator ketuntasan yang ditetapkan. Sehingga perlu dilanjutkan ke siklus II. Kekurangan-kekurangan pada siklus I selanjutnya diperbaiki dan disempurnakan pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus II menunjukkan dari 14 orang siswa ada 12 orang siswa atau 85,71% memperoleh skor minimal 75, sedangkan 2 orang siswa atau 14% memperoleh skor kurang dari 75. Berdasarkan data diatas, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran geografi akan meningkat jika menggunakan model pembelajaran Artikulasi. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Artikuasi.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011