ESSAY

Writer / NIM
IKRAM MUSA / 451411016
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Advisor 2 / NIDN
MUHAMMAD KASIM, S.T., M.T / 0015097706
Abstract
ABSTRAK Ikram Musa, 2015 . Meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan Project method pada mata pelajaran geografi (Suatu Penelitian di MA Almubarq Marisa). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II Muh. Kasim, ST. MT. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan Project Method pada mata pelajaran geografi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas, dengan mengambil subjek penelitian pada siswa kelas X2 MA Almubaraq Marisa yang berjumlah 17 orang pada tahun ajaran 2014/2015. Penelitian tindakan kelas ini mengacu pada model spiral dari Kemmis dan Taggart. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pelaksanaan tindakan kelas sebanyak dua siklus yang terdiri dari empat kali pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran yang melibatkan beberapa orang pengamat. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh pada siklus I bahwa motivasi belajar siswa yang mencapai standar ketuntasan sebesar 29.41%, hal ini menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas pada siklus I ini dapat dikatakan belum mencapai ketuntasan indikator kinerja yang telah ditetapkan, sehingga tindakan perlu dilanjutkan kesiklus selanjutnya atau siklus II. Tindakan yang belum terlaksana dengan baik disiklus I telah di perbaiki pada siklus II, setelah dilakukan tindakan pada siklus II motivasi belajar siswa telah mengalami peningkatan sebesar 94.11 % dan untuk hasil analisis data aktivitas siswa, aktivitas guru, dan keterlaksanaan pembelajaran pada siklus II ini telah mengalami peningkatan yang artinya penelitian tindakan kelas ini telah berhasil dengan dilaksanakannya tindakan perbaikan pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Project Method dalam pembelajaran pada mata pelajaran geografi topik hidrosfer dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dikelas X2 MA Almubarq Marisa pada tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci : Project Method, Model Cooperatif Learning, Motivasi belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011