ESSAY

Writer / NIM
YUNIRWAN / 451411019
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Advisor 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstract
Yunirwan. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio-visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi dengan Pokok Bahasan Pedosfer (Suatu Penelitian di Kelas X MA Darul Ulum Toili, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah). Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbig II Daud Yusuf, S.Kom, M.Si. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan media Audio-visual dan kelas yang menggunakan media Power Point. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di MA Darul Ulum Toili, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Pegumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan instrument tes. Tes diberikan kepada siswa yang berada di kelas eksperimen dan di kelas kontrol sebanyak 2 kali yaitu pretest dan posttest. Secara statistic data rata-rata skor kemajuan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan media audio-visual(kelas eksperimen) dan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan media power point (kelas kontrol) diuji perbedaan menggunakan teknik uji t untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan media audio-visual (kelas eksperimen) dan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan media power point (kelas kontrol) dan uji Gain ternormalisasi untuk kemajuan hasil belajar siswa. Berdasarkan statistic pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang antara hasil belajar siswa yang menggunakan media audio-visual dan hasil belajar siswa yang menggunakan media power point, kemudian pengujian Gain ternormalisasi didapat hasil pada kelas yang menggunakan media audio-visual (kelas eksperimen) sebesar 0,52 dan pada kelas yang menggunakan media power point (kelas kontrol) sebesar 0,31, sehingga disimpulkan bahwa kemajuan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan media audio-visual (kelas eksperimen) dan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan media power point (kelas kontrol) termasuk dalam kategori sedang, tetapi secara empiris dalam hal hasil belajar siswa kelas yang menggunakan media audio-visual lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan media power point. Kata Kunci: Audio-visual, Power Point, Hasil Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011